Jam Trading Valas Serta Perbedaan Waktu Dunia

loading...

Trading valas berlangsung dan buka dalam waktu 24×5 jam setiap minggunya. Karena itu sangat perlu untuk mengetahui jam trading valas serta perbedaan waktu dunia. Bisa dibilang ini merupakan sesuatu yang wajib dipahami oleh seseorang yang memulai trader valas. Sesuai dengan jam kerja masing-masing market setiap negara maka dalam market valas terdapat jam ketika market sangat ramai dan juga sepi. Berikut ini di bawah akan dijelaskan tentang jam trading valas. Saat ketika jam mulai buka hingga tutupnya market valas sampai perbedaan waktu yang kadang sulit dipahami oleh trader yang sudah lama sekalipun.

Jam trading valas

Market valas di buka pada hari senin pagi (WIB) dan di tutup pada hari sabtu pagi (WIB). Dengan begitu maka selama 5 hari non stop market valas buka terus 24 jam. Hal ini merupakan salah satu perbedaan antara market valas dengan market saham. Market saham tidak buka selama 24 jam dan hanya buka dari pagi sampai sore, setelah itu tutup. Dan akan buka keesokan harinya, belum lagi pada jam makan siang market saham juga akan di tutup. Hal ini begitu berbeda dengan market valas yang buka 24 jam non stop selama lima hari dari senin pagi hingga sabtu pagi.

Perbedaan waktu dunia

Sangat banyak trader valas di Indonesia yang selalu bangun pagi pada hari senin untuk menunggu market valas buka. Umumnya mereka menggunakan strategi dengan melihat selisih harga (gap). Gap merupakan sebuah chart yang terputus karena perbedaan harga tidak tercatat ketika hari sabtu dan minggu. Walaupun tidak selalu ada gap namun biasanya pada hari senin pagi berpotensi terjadi gap.

Banyak trader pemula yang kebingungan kenapa waktu sudah jam 4 pagi namun market valas belum buka, namun ternyata jam 5 pagi baru buka. Hal ini bisa terjadi sebaliknya.

Jam buka market valas yang tidak selalu sama ini terjadi karena adanya Daylight Saving Time (DST). Untuk negara yang mempunyai 4 musim hal ini merupakan hal yang wajar. Tapi untuk kita di Indonesia yang sepanjang tahun hanya terjadi 2 musim saja maka daylight saving time tidak pernah ada.

Pejelasan Daylight Saving Time

Daylight Saving Time (DST) merupakan peraturan dengan memajukan waktu 1 jam ketika musim panas tiba. Hal ini memiliki tujuan untuk penghematan energy karena waktu siang yang lebih lama dibandingkan waktu malam.

Ketika dilakukan Daylight Saving Time umumnya waktu resmi pada daerah tersebut akan dimajukan 1 jam lebih cepat dari zona waktu yang resmi. Dan Daylight Saving Time diberlakukan selama musim panas. Ini menjadikan orang-orang yang mengalami peristiwa Daylight Saving Time akan merasakan waktu terasa berhenti selama satu jam.

Di Amerika Daylight Saving Time atau di Eropa disebut Summer Time diberlakukan karena adanya perubahan waktu yang dikarenakant bertambahnya waktu siang hari pada saat memasuki musim panas. Hal ini membuat waktu siangnya menjadi jauh lebih lama dibandingkan pada malam hari.
Tujuan dari Daylight Saving Time (DST) yaitu untuk menyesuaikan jam pada saat hari masih terang dengan jam kegiatan kerja atau aktifitas manusia setiap hari.

Di wilayah Amerika, Daylight Saving Time dimulai dari bulan Maret dan berakhir pada bulan November. Dan perubahan Daylight Saving Time tidak pasti terjadi pada tanggal yang sama setiap tahunnya.

Berikut jadwal DST beberapa tahun kedepan

jam trading valas serta perbedaan waktu dunia

Karena Daylight Saving Time inilah yang mempengaruhi jam trading valas karena bergesernya jam buka dan tutup market yang selisih 1 jam. Pada saat DST di aktikfan mulai bulan Maret hingga November maka market valas akan buka jam 4 pagi di hari senin, dan tutup jam 4 pagi di hari sabtu. Pada saat DST sudah berakhir maka market akan kembali buka jam 5 pagi setiap hari senin jam 5 pagi dan tutup pada jam 5 pagi di sabtu.

4 Sesi Jam Trading Valas

Waktu trading valas terbagi dalam 4 sesi perdagangan besar sesuai dengan jam buka di masing-masing negara tersebut. Diantanya yaitu market Sydney, Tokyo, London, New York. Setiap sesi tersebut buka selama 9 jam. Pada saat satu market sudah tutup maka market lain masih buka. Hal ini yang kemudian menjadikan market valas tidak pernah tutup.

Sesi Sydney / Australia

Jam trading valas 04:00 – 13:00 (WIB, DST ON)

jam trading valas market australia

Pada saat market Australia buka maka sudah pasti mata uang yang berpasangan dengan dollar australia atau AUD pergerakannya akan ramai. Contohnya pasangan mata uang AUD/USD, EUR/AUD, AUD/JPY. Apalagi pada saat ada release berita maka akan semakin memicu pergerakan yang agresif yang membuatnya bergerak naik atau turun mencapai 100 pips dalam beberapa menit saja.

Sesi Tokyo / Asia

Jam trading valas 07:00 – 16:00 (WIB, DST ON)

jam trading valas market jepang

Tokyo merupakan pusat dari trading valas di asia. Market Tokyo juga akan berimbas kepada market-market yang buka selanjutnya. Hal ini disebabkan para trader di Eropa dan Amerika akan melihat apa yang terjadi sebelumnya dimarket Tokyo. Mayoritas pergerakan terjadi ketika market mulai buka, dimana pada menit-menit tersebutlah berita ekonomi fundamental biasanya muncul.

Di sesi Tokyo maka pair yang aktif pergerakannya tentu saja pair yang berpasangan dengan mata uang Yen, atau JPY. Contohnya pair USD/JPY, EUR/JPY, AUD/JPY. Namun dikarenakan pada saat yang bersamaan yaitu Sydney maka akan membuat pair AUD/JPY menjadi pair yang paling aktif pergerakan nya.

Pasangan mata uang USD/JPY memang aktif ketika awal market buka. Namun menjelang petengahan waktu akan sepi dan kembali ramai ketika sesi New York buka.

Sesi London / Eropa

Jam trading valas 14:00 – 23:00 (WIB, DST ON)

jam trading valas market london

Berbeda dengan kedua market sebelumnya maka market London merupakan market yang paling ramai perdagangannya. Pada jam saat sesi market ini buka maka banyak pengusaha kelas berat mulai melakukan transaksi perdagangan valas. Hal ini menjadikan banyak transaksi Valas berskala besar terjadi pada sesi ini. Hal ini kemudian menjadikan likuiditas menjadi sangat tinggi dan spread menjadi lebih rapat dengan range pergerakan harga yang menjadi sangat volatile. Titik keramaian terjadi pada sekitar jam 19.00 dimana New York mulai membuka perdagangannya juga.
Semua pair mata uang pada sesi London ini menjadi sangat menarik untuk ditradingkan. Pasangan mata uang seperti USD/JPY, EUR/USD, GBP/USD, dan USD/CHF merupakan favorit banyak trader. Namun tidak sedikit juga trader yang memperdagangkan pair silang seperti EUR/JPY dan GBP/JPY karena pergerakannya cukup stabil.

Sesi New York / Amerika

Jam trading valas 19:00 – 04:00 (WIB, DST ON)

jam trading valas market new york

Kota New York merupakan pusat perdagangan di negara Amerika yang kemudian mendapat sebutan kota yang tak pernah tidur. Dollar Amerika / USD sudah menjadi mata uang dunia karena hampir 90% perdagangan akan selalu menggunakan dollar di dalamnya.

Sesi ini memiliki likuiditas yang sangat tinggi di permulaan perdagangan disebabkan adanya overlaping dengan sesi London. Apalagi ketika berita-berita ekonomi penting US di rilis menyebabkan efek yang sangat kuat untuk menggerakkan harga di market. Setelah market London tutup biasanya likuiditas dan volatilitas akan cenderung menurun. Sama dengan ketika sesi London berjalan, semua pair menjadi favorit para trader untuk di perdagangkan di sesi New York.

Jam trading valas yang ramai dan sepi

Di luar 4 sesi diatas tersebut jam trading valas yang mempengaruhi ramai sepinya market adalah tanggal dan hari. Biasanya pada hari selasa hingga kamis perdagangan lebih besar di bandingkan hari senin dan jumat. Memasuki hari jumat waktu Amerika, perdagangan cenderung menurun drastis karena trader-trader Asia dan Eropa telah mulai mengakhiri transaksi jual beli. Selain karena mereka bersiap untuk liburan akhir pecan juga untuk menghindari terjadinya gap di pembukaan market senin pagi minggu berikutnya.

Pengaruh libur internasional terhadap market valas

Perlu diketahui walaupun jam market valas buka 24 jam mulai senin pagi hingga sabtu pagi namun jika kalender menunjukan tanggal libur internasional seperti Natal dan tahun baru maka market valas akan tutup.

loading...

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − one =